Asas: Jurnal Sastra
Vol 3, No 3 (2014): asas jurnal

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SIDIKALANG KAB. DAIRI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

sondang atmaja samosir (pendidikan bahasa dan sastra Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2014

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas perubahanyang signifikan dari penggunaan model peta pikiran (mind map)terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Negeri 1Sidikalang dengan jumlah 117 siswa. Sampel dalam penelitian iniberjumlah 40 siswa yang diambil dengan cara menentukan satu kelasyang dijadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model desainpenelitian one group pre-test post-test design yang hanya dilaksanakanpada satu kelas (kelompok). Dalam desain ini pengukuran dilakukansebanyak dua kali, yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen.Kata Kunci: -Peta Pikiran (Mind Map) -Menulis Karangan Deskripsi

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ajs

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, ...