Asas: Jurnal Sastra
Vol 2, No 3 (2013): asas

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) DALAM MENEMUKAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN ”BERSIAP KECEWA BERSEDIH TANPA KATA-KATA” KARYA PUTU WIJAYA OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MEREK TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

khatarina f sitompul (pendidikan bahasa dan sastra indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan efektivitas ModelPembelajaran Student Teams Echievement Division (STAD) dalammenemukan unsur-unsur intrinsik cerpen “ Bersiap KecewaBersedih Tanpa Kata- Kata” Karya Putu Wijaya oleh siswa kelas VIISMP Negeri 1 Merek Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasipenelitian ini adalah 195 orang dan dan sampel penelitian dilakukanterhadap 70 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Merek. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random. Selanjutnyasampel dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu 35 siswa kelompokeksperimen (Student Teams Echievement Division (STAD) dan 35siswa kelompok kontrol (model pembelajaran ceramah). Dari hasilpenelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) diperolehdiperoleh nilai rata-rata 81,71, dan termasuk dalam kategori baik.Sedangkan menggunakan pembelajaran ceramah diperoleh nilai ratarata74,71, dan termasuk dalam kategori cukup.Model pembelajaran Teams Achievement Division (STAD) efektifmenemukan unsur-unsur intrinsik cerpen “Bersiap Kecewa BersedihTanpa Kata-Kata” karya Putu Wijaya di kelas VII SMP Negeri 1Merek tahun pembelajaran 2013/2014. Ini terbukti dari hasil uji tdiperoleh nilai thitung > ttabel(0,05), 3,01 > 2,65.Kata kunci : Efektivitas belajar, model pembelajaran StudentTeam Achievement Division (STAD), unsur intrinsik, cerpen.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ajs

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, ...