Asas: Jurnal Sastra
Vol 5, No 3 (2016): ASAS

HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN INTENSITAS MENONTON BERITA DI TELEVISI DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP SATU ATAP NEGERI 4 PANGURURAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Hotris Simbolon (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2017

Abstract

kosakata dan intensitas menonton berita di televisi dengan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMPSatu Atap Negeri 4 Pangururan tahun pembelajaran 2015/2016.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPSatu Atap Negeri 4 Pangururan tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 90 orang.Sampel diambil dari populasi sebanyak 73 orang dengan teknik random sampling.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah instrumen tes.Dalam hal ini, instrumen yang digunakan untuk menjaring data penguasaan kosakata adalah instrumen tes objektif.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data intensitas menonton berita di televisi adalah instrument angket tertutup.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data kemampuan menulis teks berita adalah instrumen tes penugasan menulis.Hasil penelitian menunjukkan empat hal. Pertama, penguasaan kosakata siswa tergolong kategori cukup ( = 64). Kedua, intensitas menonton berita di televisi siswa tergolong kategori sedang(= 59,46) (dalam rentang 41,5 – 81,5). Ketiga, kemampuan menulis teks berita siswa tergolong dalam kategori cukup ( = 66,5). Keempat, ada hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dan intensitas menonton berita di televisi dengan kemampuan menulis teks berita siswa (Fhitung> Ftabel) dengan nilai Fhitung  sebesar 35,6 dengan nilai determinasi 57,15. Ini  berarti 57,15 % kemampuan menulis teks berita dipengaruhi oleh penguasaan kosakata dan intensitas menonton berita di televisi, sedangkan 42,85% dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ajs

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, ...