Asas: Jurnal Sastra
Vol 3, No 4 (2014)

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015

Ernanda Ariyatna (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranberbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 384 orang siswa.Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas X KA 1 dan X KA 2 yangmasing-masing kelas berjumlah 32 orang. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakanadalah tes esai. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuanmenulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 3 MedanTahun Pembelajaran 2014/2015 dengan menggunakan modelpembelajaran berbasis masalah di kelas eksperimen masuk ke dalamkategori baik dengan nilai rata-rata = 79,09, standar deviasi = 7,85sedangkan kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas XSMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 denganmenggunakan model pembelajaran ceramah di kelas kontrol masuk kedalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 67,50 standar deviasi = 7,30.Dari uji data hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat kedua databerdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampelpenelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitasdan homogenitas, didapatlah to sebesar 6,03. Selanjutnya to diketahui,kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengandf = N-1= 32-1 = 31 dari df = 32 diperoleh taraf signifikasi 5% = 2,03,karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 6,03 > 2,03, makatolak Ho dan terima Ha. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruhmodel pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teksprosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan TahunPembelajaran 2014/2015.Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Teks Prosedur Kompleks

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ajs

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, ...