Asas: Jurnal Sastra
Vol 8, No 2 (2019): ASAS : Jurnal Sastra

ANALISIS PRODUK PEMBELAJARAN MENULIS BAHAN AJAR BERBASIS KKNI

Beslina Afriani Siagian (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif kualitatif yang bertujuan untuk melakukan analisis terhadap produk pembelajaran mata kuliah Menulis Bahan Ajar sesuai dengan KKNI. Adapun produk yang dianalisis adalah hand out, modul  dan LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik). Ketiga produk tersebut disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa stambuk 2016 yang mengukti mata kuliah Menulis Bahan Ajar. Data dikumpulkan berdasarkan teknik penugasan dan ditegaskan dengan metode observasi dan wawancara tertulis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai penulisan hand out ada pada grade A sebanyak 35,2 %, penulisan modul sebanyak 68,23%, dan penulisan LKPD sebanyak 72,9%. Artinya, mahasiswa sudah mampu menghasilkan produk dalam mata kuliah Menulis Bahan Ajar yang sudah disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ajs

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, ...