Asas: Jurnal Sastra
Vol 5, No 2 (2016)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Rentika Sari Maharaja (Unknown)
Tangson R. Pangaribuan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD terhadap kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 400 orang.Sampel penelitian diambil sebanyak 40 orang. Dari pengolahan data, diperoleh hasil pre-test dengan nilai rata-rata = 65,7 dan standard deviasi = 8,57. Nilai tersebut tergolong dalam kategori baik, cukup dan kurang yakni 47,5% untuk kategori baik, 40% untuk kategori cukup dan 5% untuk kategori kurang. Hasil post-test dengan rata-rata = 79,9 dan standard deviasi = 8,79. Nilai tersebut tergolong dalam kategori sangat baik, baik, dan cukup, yakni 20% untuk kategori sangat baik, 70% untuk kategori baik dan 10% untuk kategori cukup. Dari uji normalitas data hasil kelas pre-test dan post-test, menunjukkan bahwa kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas, dapat disimpulkan bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh to sebesar 4,01. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=40-1=39 dari df =40 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,03, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 4,01 > 2,02, maka hipotesis diterima.Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis paragraf eksposisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Kata Kunci :STAD (Student Team Achievement Division), menulis paragraf eksposisi.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ajs

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, ...