Research Report - Engineering Science
Vol. 1 (2011)

IDENTIFIKASI DAN SEGMENTASI KESADARAN LINGKUNGAN KONSUMEN DAN PRODUSEN TERHADAP PRODUK BERKEMASAN

Catharina B Nawangpalupi (Jurusan Teknik Industri, Fakultas teknologi Industri Universitas Katolik Parahyangan)
Frans Konstantius Pratama (Jurusan Teknik Industri, Fakultas teknologi Industri Universitas Katolik Parahyangan)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memetakan karakteristik konsumen dan produsen di Bandung terhadap produksi dan konsumsi produk berkemasan didasarkan pada tingkat kesadaran akan lingkungan. fokus penelitian adalah untuk penggunaan kemasan kantung plastik kresek dan upaya penguragan penggunaan kemasan tersebut.Penelitian ini dilakukan dengan menentukan sejauh mana konsumen sadar untuk mengurangi kemasan tersebut dan sejauh mana konsumen mengharapkan produsen menyediakan kemasan yang lebih ramah lingkungan. Selain itu dilakukan identifikasi jenis konsumen dan segmentasi konsumen berdasarkan tingkat kesadaran akan dampak lingkungan.Penelitian menunjukkan penggunaan kemasan berhubungan dengan kesadaran lingkungan. Penelitian menunjukkan bahwa konsumen ingin mengurangi penggunaan kantung plastik kresek dan mengharapkan peran serta produsen atau toko.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

rekayasa

Publisher

Subject

Engineering

Description

Research Report - Engineering Science merupakan kumpulan laporan penelitian yang dilakukan oleh para dosen Universitas Katolik Parahyangan, Bandung dalam bidang rekayasa. Penelitian tersebut didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Katolik Parahyangan. Bidang ...