Jurnal Teknologi
Vol 9 No 1 (2016): Jurnal Teknologi

E-COMMERCE PADA UMKM SENTRA BORDIR DESA PADURENAN KUDUS SEBAGAI UPAYA BRANDING PRODUK DAN PERLUASAN PASAR

Migunani, Migunani (Unknown)
Solechan, Achmad (Unknown)
Nur Hakim, Fitro (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2016

Abstract

E-commerce merupakan cara berbelanja atau menjalankan perdagangan secara daring melalui Internet. Pada E-commerce terdapat website untuk memfasilitasi konsumen dalam pemesanan dan pengiriman produk (“get and deliver”). Model penerapan E-commerce pada UMKM Sentra Bordir Desa Padurenan Kudus termasuk dalam kategori Business to Consumer (B2C). Kategori ini pihak penyedia produk (pedagang) merupakan usaha mikro, kecil, dan menengah sedangkan pihak pembeli adalah konsumen perorangan atau perusahaan. UMKM sentra bordir yang sebagian besar menjadi anggota koperasi Padurenan Jaya selain memiliki pasar lokal di daerah Kudus juga memiliki konsumen di luar Kota Kudus. Konsumen di luar Kota Kudus inilah yang memerlukan teknologi agar produk-produk Desa Padurenan dapat dikenal secara luas. Melalui teknologi E- commerce diharapkan konsumen di luar Kota Kudus dapat memperoleh informasi produk sehingga terjadilah perluasan pasar produk dan konsumen. Sistem E-commerce model B2C seperti ini juga disebut dengan e-tailing, yaitu perusahaan menawarkan langsung produk-produknya kepada konsumen-konsumennya melalui media internet. Dengan mendaftarkan nama domain untuk E- commerce pada URL www.padurenanjayakudus.com, website dapat menampilkan katalog-katalog produk bordir dari beberapa anggota koperasi Padurenan Jaya dengan produk-produk unggulan mereka. Melalui E-commerce untuk UMKM Sentra Bordir Kudus, konsumen mendapatkan kemudahan dalam memperoleh informasi terkait dengan produk yang dibutuhkan, melakukan transaksi dengan cepat, konsumen tidak perlu datang langsung ke lokasi UMKM, bertransaksi secara lebih aman, dan dapat dilakukan dari berbagai lokasi. E-commerce memberikan keuntungan bagi UMKM diantaranya dapat memperpendek jarak antara UMKM dan konsumennya, UMKM dapat lebih mendekatkan diri dengan konsumennya, dengan mengklik “hyperlink” yang tersedia pada halaman website, konsumen dapat menuju ke perusahaan (secara virtual) dimanapun mereka berada, jangkauan pasar semakin luas dan tidak terbatas secara geografis, memperluas jaringan mitra bisnis (agen/reseller) dan akan memangkas biaya-biaya operasional, seperti kantor, atk, dan periklanan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jurtek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Teknologi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta sebagai wahana publikasi karya ilmiah/penelitian di bidang sains dan teknologi. Jurnal Teknologi menerbitkan dua terbitan per tahun (Juni dan Desember). Tujuan ...