Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 4, No 2 (2015)

STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KARTU DESTINASI DAN KOTAK KARTU MISTERIUS (KOKAMI) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KOLOID SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Nuraeni, Hana (Universitas Sebelas Maret)
Nurhayati, Nanik Dwi (Universitas Sebelas Maret)
Haryono, Haryono (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa pada penggunaan media kartu destinasi dan kokami pada materi pokok sistem koloid, kemampuan memori siswa tinggi dan kemampuan memori siswa rendah terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok sistem koloid, interaksi antara pembelajaran menggunakan media kartu destinasi dan kokami dengan kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok sistem Koloid. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen  dengan rancangan penelitian desain faktorial 2×2. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 Semester 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Sampel diperoleh dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk prestasi belajar kognitif, kemampuan memori dan metode angket untuk prestasi belajar afektif. Uji hipotesis menggunakan uji variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: 1) Ada perbedaan penggunakan media kartu destinasi dan kokami terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Koloid, 2) Ada perbedaan siswa yang memiliki kemampuan memori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Koloid, 3)  Tidak ada interaksi antara metode TGT menggunakan media kartu destinasi dan metode TGT menggunakan media kokami dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Koloid.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...