Abstrak Singgih Bayu Pamungkas. K8412076. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI DENGAN TIPE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X IPS 3 SMA BATIK 1 SURAKARTATAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2016.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi pokok gejala sosial (definisi, macam-macam faktor penyebab, macam-macam, contoh, dampak, dan cara mengatasi gejala sosial) dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperati Dengan Tipe The Power Of Two Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X Ips 3 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, kajian dokumen, dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis secara kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar peserta didik pada kegiatan pra tindakan dengan perolehan sebesar 17,39%, kemudian meningkat pada siklus I dengan perolehan sebesar 62,06% dan meningkat pada siklus II dengan perolehan sebesar 78,80%. Peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari nilai rata ? rata post test yang diperoleh yang diawali dengan kegiatan pra tindakan dengan perolehannya sebesar 73,39 atau 69,4%, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 76,84 atau 74,69% kemudian meningkat lagi pada siklus II sebesar 80,73 atau 86,06%. Untuk keaktifan guru setiap siklusnya terjadi peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan tipe pembelajaran The Power Of Two dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas X IPS 3 SMA BatikI Surakarta mata pelajar sosiologi. Kata kunci : Penelitian tindakan kelas, tipe The Power Of Two, Keaktifan, dan Hasil Belajar.
Copyrights © 0000