SOSIALITAS (Jurnal Ilmiah Pend. Sos-Ant)


PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SATUAN KURIKULUM SEKOLAH BERBASIS AGAMA DI SMA MUHAMADIYAH 1 KARANGANYAR

Pamungkas, Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2018

Abstract

Pendidikan Karakter Dalam Satuan Kurikulum Sekolah Berbasis Agama di SMA Muhamadiyah 1 Karanganyar ABSTRAKAdi Giri Pamungkas, Nurhadi, Sigit Pranawa Pendidikan Sosiologi Antropologi AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menhetahui bagaimana pendidikan karakter pada  satuan  kurikulum  sekolah  berbasis  agama  di  SMA  Muhamadiyah  1Karanganyar yang dilihat dari bagaimana RPP yang ada dan juga pada kurikulum aktual dan hiden kurikulum. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan denagn jenis analisis wacana. Dalam penelitian di SMA Muhamadiyah 1Karanganyar peneliti menggunakan konsep teori AGIL untuk mejelaskan data yang didapat, untuk subjek penelitian adalah 3 orang guru dan 2 orang siswa. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan wawanccara observasi dan analisis dokumen. Dalam penelitian sesuai dengan data yang didapat menunjukkan bawah: (1) pendidikan karakter lewat kegiatan kurikuler atau kegiatan keagamaan lebih efektif daripada pembelajaran di dalam kelas; (2) kemampuan guru dalam melakukan internalisasi nilai-nilai di dalam kelas masih kurang dan kondisi kelas yang kelebihan siswa; (3) pendidikan karakter lewat kegiatan rutin keagamaan seperti sholat  dan kegiatan yang lain lebih disukai siswa. Kata kunci: pendidikan, karakter, kurikulum, RPP, AGIL

Copyrights © 0000