PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN SOSIOLOGIDALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KOTA SOLO Amalia Emiliana Suryani, Atik Catur Budiarti, Siany Indria LiestyasariPendidikan Sosiologi Antropologi Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Sebelas Maret, Surakartaamaliaemiliana@gmail.com AbstrakAmalia Emiliana Suryani. NIM K8413005. Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sosiologi dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Kota Solo. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2017.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru sosiologi dalam implementasi Kurikulum 2013 dan peran yang telah dilakukan MGMP Sosiologi untuk membantu guru sosiologi dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam proses implementasi Kurikulum 2013 di Kota Solo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kendala yang dihadapi guru sosiologi di Kota Solo, yaitu kreativitas guru sosiologi yang belum maksimal dan pemahaman tentang Kurikulum 2013 masih belum maksimal pula (2) Peran MGMP Sosiologi dalam mengatasi kendala yang dihadapi guru sosiologi dalam implementasi Kurikulum 2013, yaitu peran kepelatihan, peran fasilitasi, dan sebagai forum diskusi bagi anggota MGMP Sosiologi di Kota Solo. Kata kunci : Peran, Guru Sosiologi, MGMP Sosiologi, Kurikulum 2013
Copyrights © 0000