ABSTRAK Fandi Setyawan. K8410023. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS X-3 SMA NEGERI 1 NOGOSARI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juli 2016. Penelitian ditujukan untuk meningkatkan hasil belajar Sosiologi siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Nogosari Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW.Penelitian ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Nogosari sejumlah 30 siswa dan guru pengampu mata pelajaran Sosiologi. Teknik pengumpulan data meliputi pengamatan (observasi), wawancara, tes serta dokumentasi. Teknik analisis data ada. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif sedangkan data kualitatif menggunakan teknik analisis kritis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dapat meningkatkan hasil belajar Sosiologi siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Nogosari Tahun Pelajaran 2015/2016. Ketuntasan belajar siswa menunjukkan peningkatan. Prosentase ketuntasan belajar 63,33% pada tahap prasiklus, sedikit meningkat menjadi 66,67% pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 86,67% pada siklus II. Nilai rata-rata kelas dari 73,67% pada pra siklus sedikit mengalami peningkatan menjadi 74,87% pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 78,36% pada siklus II, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75 dan indikator ketercapaian 75%.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dapat meningkatkan hasil belajar Sosiologi siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Nogosari Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), JIGSAW, Hasil Belajar Sosiologi.
Copyrights © 0000