SOSIALITAS (Jurnal Ilmiah Pend. Sos-Ant)


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 4 SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Aji Yudha, Aditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2017

Abstract

ABSTRAKAditya Damar Aji Yudha.  K8410003.  PENERAPAN  MODEL PEMBELAJARAN TIPETHINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 4 SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Sebelas Maret.Juli 2017.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sosiologi pada peserta didik kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Sukoharjo melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini   merupakan   Penelitian  Tindakan   Kelas (PTK) yang dilaksanakan   dalam   dua  siklus,   dengan  tiap   siklus   terdiri   atas  perencanaan, pelaksanaan  tindakan,  observasi,  dan refleksi.  Subyek  penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS 4 SMA  Negeri 2 Surakarta Tahun  Pelajaran  2016/2017  yang berjumlah 35 siswa. Sumber data berasal dari guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data  adalah dengan  observasi  dan  tes sebagai  teknik  utama dan  didukung  dengan teknik wawancara, dan dokumentasi. Validitas data  menggunakan triangulasi sumber.Analisis    data    dilakukan    menggunakan    teknik    analisis    deskriptif    dengan memperhatikan perubahan hasil disetiap siklus yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan   bahwa   penerapan   model   pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sosiologi pada peserta didik kelas  XI IPS 4  dari  mulai siklus pra tindakan ke siklus I, dan  dari siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukkan dengan persentase  perolehan   nilai rata-rata   peserta didik   di   tiap   siklus   juga   mengalami peningkatan,  yaitu  pada  siklus pra tindakan  nilai  rata-rata  76,6  meningkat  menjadi 78,2 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 91 pada siklus II.Simpulan  penelitian  ini  adalah  penerapan  model  pembelajaran  kooperatiftipeThink Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Sukoharjo. Kata  Kunci: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Think Pair Share, Hasil Belajar  

Copyrights © 0000