PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS X IIS 1 SMA NEGERI GONDANGREJO KARANGANYARTAHUN PELAJARAN 2016/2017THE IMPLEMENTATION OF INQUIRY METHOD TO IMPROVE LEARNING ACHIEVEMENT SOCIOLOGY SUBJECT STUDENT IN X SOCIAL SCIENCE 1 CLASS SENIOR HIGH SCHOOL GONDANGREJO KARANGANYAR ACADEMIC YEAR 2016/2017.Shafira Rizqi Aulia, Siti Rochani, Zaini RohmadSkripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017 ABSTRAKPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam (2) siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IIS 1 SMA N GONDANGREJO KARANGANYAR Tahun Pelajaran 2016/2017 sejumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik utama dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sementara teknik pendukung dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran sosiologi siswa kelas X IIS 1 mulai dari tes pra tindakan, siklus I dan siklus II yaitu pada pra tindakan rata-rata prestasi belajar siswa 70,25 naik menjadi 78,75 pada siklus I dan mengalami peningkatan kembali sebesar 86,67 pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran sosiologi siswa kelas X IIS 1 SMA N Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017.Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Metode Inkuiri, Prestasi Belajar.
Copyrights © 0000