SOSIALITAS (Jurnal Ilmiah Pend. Sos-Ant)


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD), MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI PADA SISWA KELAS XI I.IS 4 SMA NEGERI 1 GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

NURFAIS, IQBAL (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2015

Abstract

ABSTRAKIqbal Nur Fais. K8410030. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD),MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI PADA SISWA KELAS XI I.IS 4 SMA NEGERI 1 GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi , Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2015Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatan motivasi dan hasil belajar sosiologi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas XI I.IS 4 SMA Negeri 1 Gombong tahun pelajaran 2014/2015.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) (Classroom Action Research) . Subjek penelitian  adalah siswa kelas XI I.IS 4 SMA Negeri 1 Gombong  yang berjumlah 28 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus tindakan. Siklus pertama membahas pokok bahasan permasalahan sosial dalam masyarakat dan siklus kedua membahas pokok bahasan perbedaan, kesetaraan dan keharmonisan sosial. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran sosiologi berlangsung dengan menggunakan lembar observasi motivasi belajar, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari lembar observasi motivasi belajar siswa dianalisis dengan menghitung dari keseluruhan aspek yang diamati. Data yang diperoleh dari test dianalisis dengan menghitung nilai rata-rata kelas XI I.IS 4 tiap siklus.Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi dan hasil belajar sosiologi siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi permasalahan sosial dalam masyarakat, dan perbedaan, kesetaraan dan keharmonisan sosial mengalami peningkatan. Hasil ini terlihat dari rata-rata aspek motivasi belajar dan evaluasi hasil belajar sosiologi siswa kelas XI I.IS 4 SMA Negeri 1 Gombong yang mengalami peningkatan. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 13.93% dari siklus I sebesar 68,22% menjadi82.14% pada siklus II. Dengan demikian motivasi belajr siswa kelas XI I.IS 4 SMA Negeri 1 Gombong yang mulanya tergolong sedang, setelah tindakan menjadi sangat tinggi. Hasil belajar siswa terlihat dari nilai test pada akhir siklus mengalami peningkatan sebesar 2.89 dari prasiklus yang memiliki nilai rata-rata 73.36 menjadi 76.25 setelah siklus I. setelah dilaksanakan siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 4.32 menjadi 80,57.Kata kunci : Pembelajaran kooperatif tipe Student teams achievement division (STAD), mottivasi belajar, hasil belajar.

Copyrights © 0000