Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan antara penggunaan metode Snowball Drilling dan metode Jigsaw terhadap hasil belajar sosiologi siswa (2) pengaruh penggunaan metode Snowball Drilling dengan metode Jigsaw terhadap hasil belajar sosiologi siswa (3) seberapa besar pengaruh penggunaan metode Snowball Drilling dengan metode Jigsaw terhadap hasil belajar sosiologi siswa. Adapun penelitian dilakukan pada kelas XI IIS di SMA Negeri 7 Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kausal komparatif dengan bentuk penelitian semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian sebanyak dua kelas diambil dengan teknik multistage cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t independen sampel.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan penggunaan metode Snowball Drilling dan metode Jigsaw terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 7 Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan selisih dari kedua t sebesar 2.213, dan ? sebesar 0.035 (signifikan). (2) Ada pengaruh penggunaan metode Snowball Drilling dan Jigsaw terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 7 Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis t = 2.213; dengan ?= 0.035 (signifikan). (3) Besar pengaruh penggunaan metode Snowball Drilling dan Jigsaw terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 7 Surakarta sebesar 34%.Kesimpulan penelitian ini adalah ada perbedaan penggunaan metode Snowball Drilling dan metode Jigsaw terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 7 Surakarta. Nilai rata-rata kelas metode Snowball Drilling lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas metode Jigsaw. Metode belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar sosiologi siswa yaitu sebesar 34% sedangkan 66% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Hasil Belajar Sosiologi, Metode Snowball Drilling, Metode Jigsaw.
Copyrights © 0000