INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEBAGAI PEMBENTUK SIKAP TOLERANSI SISWA (STUDI KASUS DI SMA N 1 SUKOHARJO) Hamdani Subroto, Sigit Pranawa, Abdul Rahman Pendidikan Sosiologi Antropologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta Email : fatahhamdani4@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana internalisasi nilai pendidikan multikultural sebagai pembentuk sikap toleransi dan mengapa internalisasi nilai pendidikan multikultural dilakukan sebagai pembentuk sikap toleransi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah (1) sumber data primer dan (2) sumber data sekunder. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik pengambilan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan penyajian data dari Miles dan Haberman dengan tahapan yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) tahap kesimpulan dan (4) verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dalam upaya guru sebagai aktor dalam menginternalisasikan nilai pendidikan multikultural pada siswa melalui kegiatan formal dan non formal sekolah. Dalam kegiatan formal yaitu melalui kegiatan belajar mengajar seperti pada mata pelajaran Sosiologi dan Pendidikan Kewarganegaraan yang menekankan nilai pendidikan multikultural. Sedangkan kegiatan non formal upaya yang dilakukan melalui ekstrakurikuler dan aktivitas yang diadakan oleh sekolah. (2) Dari upaya yang dilakukan oleh guru dalam menginternalisasikan nilai pendidikan multikultural sebagai pembentuk sikap toleransi siswa, para guru memiliki pertimbangan alasan, manfaat dan dampak agar siswa dapat menghargai dan menghormati perbedaan, mencerminkan dan menjaga nama baik almamater sekolah, tidak bertindak bullying dan memperkuat rasa kesatuan. Kata kunci: Internalisasi, Nilai Pendidikan Multikultural, Guru, Siswa
Copyrights © 0000