Department of Naval Architecture
Vol 5, No 4 (2017): Oktober

Perancangan Kapal Kontainer 120 TEU Rute Pelayaran Tanjung Mas – Tanjung Pinang

Samuel Rikardo Nainggolan (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro)
Berlian Arswendo Adietya (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro)
Untung Budiarto (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2017

Abstract

Kapal yang akan dirancang sebagai kapal pengangkut kapas dan plastik  dari Tanjung Mas –Tanjungpinang harus memperhitungkan ukuran utama, rencana garis, rencana umum, analisa hidrostatik, stabilitas kapal dan analisis olah gerak kapal, serta pemilihan peralatan penyelamatan dan motor induk berdasarkan hasil perhitungan daya motor sesuai dengan hambatan yang dialami kapal,. Metode perancangan kapal Kontainer ini menggunakan kapal pembanding sebagai acuannya. Setelah ukuran utama didapatkan maka analisa kelayakan lambung bisa didapatkan dari software pendukung perancangan kapal. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang kapal Kontainer yang  mempermudah pendistribusian kapas dan plastik dan tentunya sesuai dengan karakteristik perairan wilayah Tanjung Mas -Tanjungpinang. Perancangan kapal menggunakan metode perbandingan untuk mendapatkan ukuran utama kapal, software Maxsurf  untuk pemodelan  dan untuk analisa karakteristik kapal. Ukuran utama kapal didapatkan yaitu Lpp = 87,90 m, B = 13,50 m, H = 7,30 m, T = 5,4 m, Vs = 13,3 knot, dengan displacement 4757  ton dan Cb = 0,70.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

naval

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Jurusan Teknik Perkapalan yang berisi artikel karya ilmiah mahasiswa program Sarjana Teknik Perkapalan universitas ...