HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANYARABSTRAKPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganyar. (2) Hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganyar. (3) Hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganyar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sejumlah 60 siswa yang diambil menggunakan teknik multistage cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganyar dengan nilai r Parson sebesar 0,455 dan angka signifikasi 0,00 (2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganyar dengan nilai r Parson sebesar 0,658 dan angka signifikasi 0,00 (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganyar dengan Fhitung 44,749 dengan angka signifikasi 0,00.Kata Kunci : Kuantitatif, Pemanfaatan Sumber Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Sosiologi
Copyrights © 0000