Department of Naval Architecture
Vol 8, No 1 (2020): Januari

Analisa Teknis Kapal Ikan 33 GT Tipe Slerek

Windu Suryotanjung (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro (Instansi Penulis) Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
Wilma Amiruddin (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro (Instansi Penulis) Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
Good Rindo (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro (Instansi Penulis) Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2019

Abstract

Kapal tradisional adalah kapal yang pada umumnya dibangun berdasarkan tradisi dan pengetahuan yang diberikan secara turun menurun. Kondisi demikian memungkinkan terjadinya perbedaan karakteristik teknis dalam tinjauan akademiknya. Salah satu kapal tradisional yang masih beroperasi adalah kapal slerek. Kapal slerek KM. Juara 2 adalah salah satu kapal tradisional yang beroperasi di perairan Banyuwangi.  Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisa terhadap hambatan, stabilitas dan olah gerak kapal. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teori-teori bangunan kapal. Hasil penelitian pada kapal KM. Juara 2 adalah kapal memiliki hambatan total 10,2 kN pada kecepatan tertinggi, stabilitas memenuhi standar kriteria IMO, dan olah gerak kapal memenuhi standar Tello yang telah ditentukan. Kemiringan terbesar terjadi pada rolling dengan kecepatan terbesar yakni sebesar 3,61 deg.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

naval

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Jurusan Teknik Perkapalan yang berisi artikel karya ilmiah mahasiswa program Sarjana Teknik Perkapalan universitas ...