SOSIALITAS (Jurnal Ilmiah Pend. Sos-Ant)


PENGARUH PENGGUNAAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS MA AL-ISLAM SURAKARTA

Mutsiroh, Hanna Fitria (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2015

Abstract

Hanna Fitria Mutsiroh. K8411032. PENGGARUH PENGGUNAAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN METODEMAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS MA AL-ISLAM SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.Juli. 2015.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan penggunaan metode Numbered Heads Together dan metode Make a Match  terhadap hasil belajar sosiologi siswa (2) pengaru penggunaan metode Numbered Heads Together dan metode Make a Match  terhadap hasil belajar sosiologi siswa (3) seberapa besar pengaruh penggunaan metode Numbered Heads Together dan metode Make a Match  terhadap hasil belajar sosiologi siswa. Adapun penelitian dilakukan pada kelas XI IPS di MA Al-Islam Surakarta.Penelitian ini termasuk penelitian ausal komparatif sengan bentuk penelitian semu.Populasi penelitian adalah seluruh siswa MA Al-Islam Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015.Sampel penelitian sebanyak dua kelas diambil dengan teknik multistage cluster random sampling, teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dpkumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis variansi 1 jalur.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) ada perbedaan metode Numbered Heads Together dan metode Make a Match  terhadap hasil belajar mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS MA Al-Islam Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan rata-rata metode Numbered Heads Together sebesar 83.2000 dan rata-rata metode Make a Match  sebesar 73.8667 dengan ?=0.000 (sangat signifikan). (2) ada pengaruh penggunaan metode Numbered Heads Together dan Make a Match  terhadap hasil belajar sosiologi kelas XI IPS MA Al-Islam Surakarta. Hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukan t=5.975 dengan ?=0.000 (sangat signifikan). (3) besar pengaruh metode Numbered Heads Together dan metode Make a Match  terhadap hasil belajar sebesar 28%.Kesimpulan penelitian adalah ada perbedaan penggunaan metode Numbered Heads Together dan metode Make a Match  tehadap hasil belajar siswa k elas XI IPS MA Al-Islam Surakarta. Nilai rata-rata kelas Numbered Heads Together lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas konvensional. Metode belajar memberikan pengaruh tehadap hasil belajar sosiologi siswa yaitu sebesar 28% sedangkan 72% dipengaruhi oleh factor lain. Kata Kunci : Hasil Belajar Sosiologi, metode Numbered Heads Together, metode Make a Match

Copyrights © 0000