ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya (1) Perbedaan antara penggunaan metode Jigsaw dan metode Make a Match terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Mojolaban; (2) Pengaruh penggunaan metode Jigsaw dan metode Make a Match terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Mojolaban; (3) Besar pengaruh penggunaan metode Jigsaw dan metode Make a Match terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI, dan XII IPS di SMA Negeri 1 Mojolaban. Sampel penelitian yang terpilih adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3 dengan teknik pengambilan sampel Multistage Cluster Random Sampling. Penelitian ini termasuk penelitian kausal komparatif dengan bentuk penelitian semu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap metode pembelajaran yang digunakan. Analisis data menggunakan uji-t independent sample. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) Ada perbedaan pengguanaan metode Jigsaw dan Metode Make a Match terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukan selisih dari kedua t sebesar 3,765 dan ? sebesar 0.025 (signifikan). (2) Ada pengaruh penggunaan metode Jigsaw dan metode Make a Match terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis dimana t menunjukan angka 2,136 dengan tingkat signifikansi 0,040 (signifikan). (3) Besar pengaruh penggunaan metode Jigsaw dan Make a Match terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban sebesar 15,3%, sedangkan 84,7% sisanya merupakan faktor dari variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kesimpulan penelitian ini adalah ada perbedaan penggunaan metode Jigsaw dan metode Make a Match terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban. Nilai rata ? rata kelas metode Make a Match lebih tinggi dibandingkan nilai rata ? rata kelas metode Jigsaw. Metode belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar sosiologi siswa yaitu sebesar 15,3 %, sedangkan 84,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Hasil Belajar Sosiologi, Metode Jigsaw, Metode Make a Match
Copyrights © 0000