Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan pemanfaataninternet sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar sosiologi siswa kelas XISMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2013/2014; (2) hubungan kemandirianbelajar dengan prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI SMA NegeriKebakkramat tahun pelajaran 2013/2014; (3) pemanfaatan internet sebagaisumber belajar dan Kemandirian belajar dengan prestasi belajar sosiologi siswakelas XI SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2013/2014.Penelitian menggunakan desain studi korelasional. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat tahunpelajaran 2013/2014 yang berjumlah 105. Sampel penelitian adalah siswa-siswikelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 44orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik simplerandom sampling. Intrumen penelitian menggunakan angket atau kuesionertertutup dengan jenis pilihan ganda. Analisa data menggunakan regresi linierbergenda.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: Ada hubungan positif dansignifikan antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan prestasibelajar sosiologi siswa kelas XI SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran2013/2014 dapat dilihat (p (0,000 ,< 0,05) serta r = 0,542. Ada hubungan positifdan signifikan kemandirian belajar dengan prestasi belajar sosiologi siswa kelasXI SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2013/2014 dapat dilihat (p (0,000,< 0,05) serta r = 0,610. Ada hubungan signifikan pemanfaatan internet sebagaisumber belajar dan Kemandirian belajar dengan prestasi belajar sosiologi siswakelas XI SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2013/2014dapat dilihat darihitung F (16,888) > tabel F (3,21). Variabel bebas (pemanfaatan internet sebagaisumber belajar dan kemandirian belajar)memberikan kontribusi sebesar 45,2%terhadap prestasi belajar sosiologi.Kata Kunci: pemanfaatan internet sebagai sumber belajar, kemandirian belajar,prestasi belajar
Copyrights © 0000