SOSIALITAS (Jurnal Ilmiah Pend. Sos-Ant)


PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI PADA SISWA KELAS X 4 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Akbar, Muhammad Dafiq (ABSTRACT Muhammad Dafiq Akbar. K8410035. THE IMPLEMENTATION OF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TECHNIQUE IN COOPERATIVE LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENTS? LEARNING ACHIEVEMENT ON SOCIOLOGY IN X 4 STUDENTS SMA NEGERI KEBAKKRAMAT SEMESTER 1 ACADEMIC YEAR 20)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2014

Abstract

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASIBELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI PADA SISWA KELAS X 4 SMA NEGERI KEBAKKRAMATTAHUN PELAJARAN 2013/2014 Muhammad Dafiq Akbar. K8410035Prodi Pendidikan Sosiologi Antrologi FKIP UNS ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X 4 SMA Negeri  Kebakkramat Karanganyar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray (TSTS)Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X 4 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan tes sebagai teknik utama dan didukung dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif denga membandingkan berubahan di setiap siklusnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dari mulai pra siklus ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukka dengan persentase keaktifan siswa yang  mengalami peningkatan yaitu pada aspek bertanya, menjawab, dan berpendapat yang pada siklus I  77,77% menjadi 80,55% pada siklus II, pada aspek interaksi siswa dalam kelompok dari 80,55% pada siklus I menjadi 83,33% di siklus II. Peningkatan perolehan nilai ratain-rata siswa di tiap siklus juga mengalami peningkatan, yaitu pada siklus pra tindakan nilai rata-rata 64 meningkat menjadi 74,58 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 82,75 pada siklus II.Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X 4 SMA Negeri Kebakkramat.Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif,  Two Stay Two Stray (TSTS),, pretasi belajar.

Copyrights © 0000