SOSIALITAS (Jurnal Ilmiah Pend. Sos-Ant)


HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DAN TUNTUTAN ORANG TUA DENGAN TINGKAT STRES AKADEMIK SISWA KELAS XI SMAN 1 KARANGANYAR

Puspitaningrum, Melinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2018

Abstract

ABSTRAK Melinda Tineke Dwi Puspitaningrum. K8414030. HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN  BELAJAR  DAN  TUNTUTAN  ORANG TUA  DENGAN TINGKAT    STRES    AKADEMIK    SISWA    KELAS    XI    SMAN    1KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Sebelas Maret Surakarta, 2018.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hubungan antara disiplin belajar dengan tingkat stres akademik kelas XI SMAN 1 Karanganyar (2) untuk mengetahui hubungan antara tuntutan orang tua dengan tingkat stres akademik kelas XI SMAN 1 Karanganyar (3) hubungan bersama antara disiplin belajar dan pergaulan teman sebaya dengan tingkat stres akademik siswa kelas XI SMAN 1Karangayar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Karanganyar. Sampel yang digunakan sebanyak 68 siswa diambil dengan menggunkan teknik cluster random sampling . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Kesimpulan penelitian ini adalah :  (1) terdapat hubungan  yang positif dan signifikan  antara disiplin belajar  dengan  tingkat   dengan  stres  akademik  siswa  kelas  XI  SMAN  1Karanganyar. Semakin tinggi disiplin belajar seorang siswa maka semakin tinggi pula  stres  akademik  yang  dialami  (2)  terdapat  hubungan  yang  positif  dan signifikan antara tuntutan orang tua dengan tingkat stres akademik siswa kelas XI SMAN 1 Karanganyar. Semakin tinggi tuntutan orang tua terhadap anak maka akan semakin tinggi pula stres akademik yang dialami anak (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan tuntutan orang tua dengan tingkat stres akademik siswa kelas XI SMAN 1 Karanganyar. Semakin tinggi disiplin belajar dan tuntutan orang tua terhadap anak maka semakin tinggi pula stres akademik yang dialami anak. Jadi dapat dinyatakan bahwa disiplin belajar dan tuntutan orang tua secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan tingkat stres akademik siswa kelas XI SMAN 1 Karanganyar. Kata Kunci : Kuantitatif, Disiplin Belajar, Tuntutan Orang Tua, Stres Akademik 

Copyrights © 0000