SOSIALITAS (Jurnal Ilmiah Pend. Sos-Ant)


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IIS 5 SMA NEGERI 1 BLORA TAHUN AJARAN 2014/2015

Purnamasari, Kiki (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi integrasi sosial dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS 5 SMA Negeri 1 Blora tahun ajaran 2014/2015. Sumber data adalah guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, kajian dokumen, dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi integrasi sosial, ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil tes kognitif pada siklus I diperoleh ketuntasan peserta didik sebesar 56% dengan rata-rata kelas 71,64 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 24% sehingga menjadi 80% dengan rata-rata kelas 76,32. Untuk penilaian aspek afektif presentase ketercapaian pada siklus I adalah 67,2% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,8%. Sedangkan pada aspek psikomotorik presentase ketercapaian pada siklus I adalah 71,1%, kemudian mengalami peningkatan menjadi 86,91% pada siklus II.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terbukti dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IIS 5 SMA Negeri 1 Blora tahun ajaran 2014/2015 Kata Kunci : Snowball Throwing, hasil, belajar, sosiologi

Copyrights © 0000