SOSIALITAS (Jurnal Ilmiah Pend. Sos-Ant)


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMET) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI KELAS XI IPS 3 SMA N 3 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Arwidya, Shinta (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2016

Abstract

ABSTRAK Shinta Arwidya. K8412074 . PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI KELAS XI IPS 3 SMA N 3 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi,Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ,Universitas Sebelas Maret Surakarta,Juni 2016.            Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS 3 SMA N 3 Boyolali tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) Pada materi Kelompok Sosial Dalam Perkembangan Masyarakat Multikultural.Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA N 3 Boyolali sebanyak 32 siswa .Teknik Pengumpulan data adalah dengan observasi,tes, wawancara dan dokumentasi.Teknis analisis data secara kualitiatif dan kuantitatif.            Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada kegiatan pratindakan dengan perolehan 6,25%,kemudian meningkat pada siklus I menjadi 56,25 % dan meningkat pada siklus II dengan perolehan 81,75%.Peningkatan hasil belajar siswa diamati dari peningkatan nilai rata-rata pra tindakan dengan perolehan 66,62 atau 28,00% kemudian meningkat pada siklus I sebesar 80,82 atau 87,50% kemudian pada siklus II sebesar 84,06 atau 96,88% .Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan tipe TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa XI IPS 3 SMA N 3 Boyolali pada mata pelajaran sosiologi. Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas,tipe Team Games Tournament),Keaktifan,Hasil Belajar.

Copyrights © 0000