SOSIALITAS (Jurnal Ilmiah Pend. Sos-Ant)


HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN KEJENUHAN DENGAN MALAS BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Lastari, Nisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2019

Abstract

HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN KEJENUHAN DENGAN MALAS BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Nisa Lastari, Siti Rochani, Zaini RohmadFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret SurakartaE-mail: nisalastari@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan antara intensitas penggunaan smartphone dengan malas belajar siswa kelas XI SMA N 2 Sukoharjo. (2) Hubungan antara kejenuhan dengan malas belajar siswa kelas XI SMA N 2 Sukoharjo. (3) Hubungan antara intensitas penggunaan smartphone dan kejenuhan dengan malas belajar siswa kelas XI SMA N 2 Sukoharjo. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 2 Sukoharjo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan wawancara sebagai pendukung. Analisis data menggunakan uji analisis korelasi dan korelasi berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara intensitas penggunaan smartphone dengan malas belajar siswa kelas XI SMA N 2 Sukoharjo dengan hasil perhitungan nilai r sebesar 0,412 dengan signifikansi 0,001. Kedua, terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara kejenuhan dengan malas belajar siswa kelas XI SMA N 2 Sukoharjo dengan hasil perhitungan nilai r sebesar 0,455 dengan signifikansi 0,000. Ketiga,  terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara intensitas penggunaan smartphone dan kejenuhan dengan malas belajar siswa kelas XI SMA N 2 Sukoharjo dengan hasil perhitungan nilai F sebesar 12,451 dengan signifikansi 0,000.Kata Kunci : intensitas penggunaan smartphone, kejenuhan, malas belajar. 

Copyrights © 0000