SOSIALITAS (Jurnal Ilmiah Pend. Sos-Ant)


BENTUK-BENTUK PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DI SMA N 2 KARANGANYAR DAN SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA

Saputra, Awal (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2018

Abstract

BENTUK-BENTUK PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DI SMA N 2 KARANGANYAR DAN SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA Awal Saputra, Nurhadi dan Siany Indria LiestyasariPendidikan Sosiologi Antropologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Sebelas Maretsaputrawal@gmail.comABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai bentuk pendidikan multikultural yang di lakukan pihak guru serta sekolah SMA N 2 Karanganyar dan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan menggunakan teori M. Ainul Yaqin mengenai Pendidikan Multikultur, dimana guru dan sekolah memiliki peran-peran dalam pendidikan multikultural. Guru dan sekolah menerapkan bentuk pendidikan multikultural berupa; membangun paradigma keberagamaan inklusif, menghargai keragaman bahasa, dan membangun sikap anti deskriminasi etnis. Hasil penelitian menunjukan guru dan sekolah dari SMA N 2 Karanganyar dan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta telah melakukan peran-perannya dalam pendidikan multikultural, dengan berprilaku plural, saling menghormati, anti terhadap deskriminasi dan sensitif terhadap isu-isu multikultural. Seklolah juga berperan dengan menggunakan kurikulum yang anti terhadap deskriminasi dan penuh akan konten pluralisme.Kata kunci :pendidikan multikultural, M. Ainul Yaqin, sekolah, guru 

Copyrights © 0000