SOSIALITAS (Jurnal Ilmiah Pend. Sos-Ant)


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS 4 SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Safitri, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2017

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS 4 SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017THE IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL OF KANCING GEMERINCING TECHNIQUE TO IMPROVE THE LEARNING OUTCOMES IN SOCIOLOGY SUBJECT STUDENTS OF XI IPS 4 SENIOR HIGH SCHOOL AL-ISLAM 1 SURAKARTA IN THE ACADEMIC YEAR OF 2016/2017Ika Hana Safitri, Siti Rochani, Atik Catur BudiatiSkripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret SurakartaMei 2017ABSTRAKPenelitian ini dilaksanakan untuk menigkatkan hasil belajar mata pelajaran sosiologi siswa kelas XI IPS 4 SMA Al-Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi tindakan. Subjek pada penelitian tindakan kelas adalah seluruh siswa kelas XI IPS 4 SMA Al-Islam 1 Surakarta yaitu sebanyak 34 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik utama dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sementara teknik pendukung dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS 4 SMA Al-Islam 1 Surakarta, yang dimulai dengan tahap pratindakan, siklus I dan Siklus II. Hasil belajar pada tahap Pra Tindakan diperoleh prosentase ketuntasan siswa sebesar 29,41% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 66,32. Hasil belajar mengalami peningkatan pada Siklus I dengan prosentase ketuntasan sebesarĀ  58,82% dan rata-rata nilai sebesar 73,08. Kemudian pada siklus II diperoleh prsontase ketuntasan sebesar 94,11% dan rata-rata nilai sebesar 82,5.Simpulan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik kancing geemrincing dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS 4 SMA Al-Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017.Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Teknik Kancing Gemerincing, Hasil Belajar.

Copyrights © 0000