SOSIALITAS (Jurnal Ilmiah Pend. Sos-Ant)


PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING MELALUI GAME SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS X IPS 4 SMAN 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Purwaningsih, Yeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2017

Abstract

ABSTRAKYeni Purwaningsih. K8413076. Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Melalui GameSosiodrama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas X IPS 4SMAN 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Keguruan dan IlmuPendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2017. Dra. Siti Rochani, M.Pd dan AtikCatur Budiati S.Sos, M.A Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Gejala Sosial Dalam Masyarakat dengan materi pokok Penyimpangan Sosial (Definisi, Faktor-faktor penyebab, Bentuk-bentuk, Dampak) dan materi pokok Pengendalian Sosial (Definisi, Sifat-sifat, Peran agen pengendalian sosial) dengan menerapkan Metode Pembelajaran Role Playing Melalui Game Sosiodrama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas X IPS 4 SMAN 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.  Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, kajian dokumen, dan  tes. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis secara kuantitatif dan kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari nilai rata-rata kelas 74,866 dengan prosentase ketuntasan siswa sejumlah 66,66% pada pratindakan meningkat nilai rataratanya menjadi 76,33 dengan prosentase ketuntasan siswa sejumlah 70% pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 78,66 pada nilai rata-rata dengan prosentase ketuntasan siswa sejumlah 80% pada siklus II.  Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Role Playing, Game Sosiodrama, Hasil Belajar. )* Program FKIP UNS Sosiologi Antropologi, Surakarta 

Copyrights © 0000