SOSIALITAS (Jurnal Ilmiah Pend. Sos-Ant)


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI KELAS X-1 SMA MUHAMMADIYAH 2 KLATEN DI DELANGGU TAHUN PELAJARAN 2014/2015

PRASTYANINGRUM, NENIE (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini dilakukan SMA Muhammadiyah 2 Klaten Delanggu Kelas X-1  dengan tujuan mengetahui pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar Sosiologi kelas X-1 SMA Muhammadiyah 2 Klaten Di Delanggu tahun pelajaran 2014/2015.Populasi dalam penelitian ini Kelas X dengan jumlah sampel di kelas X-1 sebanyak 20 siswa.Penelitian dengan menerapkan strategi Student Team Achievement Division (STAD) denganmenggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus dengan menggunakan strategi pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) (STAD) pada pembelajaran mata pelajaran Mata Pelajaran Sosiologi di kelas X-1 SMA Muhammadiyah 2 Klaten Di Delanggu pada semester Genap tahun pelajaran 2014/2015 seperti yang telah dijelaskan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa : 1) Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X. Pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,35 dan siklus 2 diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,15. Jadi dari diagram diatas dapat diketahui bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achiement Division) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik siswa kelas X-1 Muhammadiyah 2 Klaten Di Delanggu. 2) PenerapanStudent Team Achievement Division (STAD) pada Pelajaran Sosiologi juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XSMA Muhammadiyah 2 Klaten Di Delanggu pada semester Genap tahun pelajaran 2014/2015 dari katagori cukup menjadi baik dan selama mengikuti proses pembelajaran  siswa merasa lebih senang dan suasana kelas lebih hidup.Kata Kunci :Student Team Achievement Division (STAD)

Copyrights © 0000