SOSIALITAS (Jurnal Ilmiah Pend. Sos-Ant)


UPAYA PENDISIPLINAN SISWA DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMPN 3 SURAKARTA.

Christiningsih, Nadia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2018

Abstract

UPAYA PENDISIPLINAN SISWA DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMPN 3 SURAKARTA.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk pendisiplinan yang dilakukan sekolah dalam mewujudkan sekolah ramah anak di SMPN 3 Surakarta. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Teknik pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling, dimana informan inti adalah siswa kelas X, XI dan XII dan guru BK sedangkan informan tambahan lainnya adalah staff tata usaha dan wali kelas. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan taknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi data serta analisis data berpedoman pada Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bentuk-bentuk pendisiplinan yang dilakukan di SMPN 3 Surakarta adalah (1) pemberian sanksi berupa sanksi poin dan razia;(2) pengawasan oleh sekolah dilakukan melalui pemasangan CCTV, pemusatan pintu keluar dan masuk, penerapan surat ijin dan penyediaan telepon genggam;(3) pengawasan melalui kerjasama dengan orangtua siswa dilakukan melalui grup paguyuban kelas. Pendisiplinan yang dilakukan menunjukkan bahwa kedisiplinan dibentuk melalui penguasaan tubuh siswa. Pendisiplinan tidak dilakukan melalui cara kekerasan tetapi dengan membuat tubuh patuh pada kuasayang berusaha menguasai tubuh siswa dan pengawasan melalui berbagai sistem menunjukkan adanya pelipatgandaan kuasa yang dikenal sebagai sistem panoptikon. Kata kunci: Pendisiplinan, foucault, panoptikon, sekolah ramah anak  

Copyrights © 0000