SOSIALITAS (Jurnal Ilmiah Pend. Sos-Ant)


HUBUNGAN OUTDOOR LEARNING METHOD DAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA XI IPS SMAN 2 BOYOLAL TAHUN 2016/2017

Nurbaiti, Muntari (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2017

Abstract

ABSTRAK Muntari Dian Nurbaitti, K8413050. HUBUNGAN OUTDOOR LEARNING METHOD DAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SOSILOGI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. April 2017.            Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan antara Outdoor Learning Method dan prestasi belajar mata pelajaran Sosiologi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2016/2017. (2) Hubungan antara Bimbingan Belajar dan prestasi belajar mata pelajaran Sosiologi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2016/2017. (3) Hubungan Outdoor Learning Method dan Bimbingan Belajar dengan Prestasi Belajar mata pelajaran Sosiologi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2016/2017.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Boyolali tahun ajaran 2016/2017,yang berjumlah 113 siswa. Sampel yang digunakan sejumlah 60 siswa diambil dengan teknik simple random sampling . Teknik  pengumpulan data diakukan dengan angket dan tes.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) hipotesis 1 ?Terdapat hubungan antara Outdoor Learning Method dengan prestasi belajar mata pelajaran sosiologi siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2016/2017?, diterima, karena ry = 0,490 dan  p = 0,000. (2) hipotesis 2 ?Terdapat hubungan antara bimbingan belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran sosiologi siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2016/2017?, diterima, karena  ry= 0,999 dan p = 0,000. (3) hipotesis 3 ?Terdapat hubungan antara Outdoor Learning Method dan bimbingan belajar dengan prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2016/2017?, diterima karena  r table n53= 0,266, dan R hitung 0,999.Kata Kunci:     Penelitian Kuantitatif, Outdoor Learning Method, Bimbingan Belajar dan Prestasi Belajar.

Copyrights © 0000