Jurnal Pendidikan Matematika SoLuSi ( Tersohor Luas dan Berisi )
Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, Volume 2, Nomor 1, Januari 2

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN LEMBAR KERJA BERDASARKAN TEORI BRUNER PADA POKOK BAHASAN FUNGSI (PENELITIAN DILAKUKAN DI KELAS VIII F SMP NEGERI 3 MOJOLABAN TAHUN PELAJA

Raharjo, Riris Setyaningrum (Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNS)
Triyanto, Triyanto (Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sebelas Maret)
Chrisnawati, Henny Ekana (Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mojolaban tahun pelajaran 2012/2013 melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dengan lembar kerja berdasarkan Teori Bruner pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Validasi data dari proses pembelajaran dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menyimpulkan dengan pelaksanaan tindakan kelas melalui penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dengan lembar kerja berdasarkan Teori Bruner pada pokok bahasan fungsi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini didasarkan pada hasil tes dan observasi. Data hasil tes pada siklus I, pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 75,41 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 4,78 menjadi 80,19. Sedangkan persentase siswa yang tuntas sebesar 78,13% dan pada siklus II persentase siswa yang tuntas mengalami peningkatan sebesar 6,25% menjadi 84,38%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dengan lembar kerja berdasarkan Teori Bruner dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Mojolaban tahun pelajaran 2012/2013 pada materi fungsi.

Copyrights © 2018