SMC (Semarang Medical Centre) Rumah Sakit Telogorejo Semarang menerbitkan media cetak berupa Majalah kesehatan yang bernama ?Rumah Sakit Telogorejo I Care?. Majalah terbit setiap 6 bulan sekali, sebanyak 120 halaman, disajikan di ruang tunggu pengunjung dan memuat konten-konten tentang informasi mengenai perilaku hidup bersih dan sehat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi keterbacaan media terhadap pengetahuan tentang kesehatan pada pengunjung yang telah membaca Majalah rumah Sakit Telogorejo I Care. Jenis penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah Pengunjung SMC Rumah Sakit Telogorejo yang menempati ruang tunggu dan telah membaca majalah edisi terakhir sebanyak satu kali atau lebih, melalui metode sampel tanpa peluang (Non Probability Sampling), dengan teknik Accidental Samplingsebanyak 150 orang. Pengujian menggunakan Chi-Square dengan alpha 0,05. Hasil penelitian menunjukkan variabel yang berhubungan dengan tingkat keterbacaan media yaitu Media sebagai PKRS (P=0,003) dan Pengetahuan (P=0,000). Variabel yang tidak berhubungan adalah Usia (P=0,473), Jenis Kelamin (P=0,704), Tingkat Pendidikan (P=1,000), Jenis Pekerjaan (P=0,626), Ketersediaan Media (P=0,071). SMC Rumah Sakit Telogorejo Semarang perlu melakukan evaluasi kembali mengenai Majalah sebagai media promosi kesehatan rumah sakit. Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit yang baik menjadi salah satu hal penting sebagai pertimbangan  dan contoh bagi Rumah Sakit lain untuk kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019