LANTERN (Journal on English Language, Culture and Literature)
Volume 4, Number 4, Tahun 2012

Genre Analysis on Company Profile

Narolita, Mella (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2015

Abstract

Profil perusahaan merupakan instrumen penting bagi suatu perusahaan untukmemperkenalkan perusahaan tersebut kepada masyarakat dan investor yangmemiliki potensi sebagai sebuah genre. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan kecenderungan semi kuantitatif. Pendekatan semi kuantitatif digunakan untuk menghitung presentase fitur-fitur linguistik seperti tipe proses,tenses, circumstantial elements, dan modifiers dalam nominal group, sedangkanpendekatan kualitatif digunakan untuk menginterpretasikan fitur dan strukturlinguistik, serta fungsi sosial dari profil perusahaan. Data penelitian  diambildengan teknik random sampling yang terdiri dari 134 klausa dari profil-profilperusahaan yang diambil dari situs resmi lima perusahaan yaitu Sony Corporation,Chevron Corporation, Martha Tilaar Group, Telkomsel, dan Manulife Indonesia.Dalam menganalisis data, penulis mengaplikasikan konsep genre dari Gerot danWignell dikombinasikan dengan teori Transitivity dan konsep nominal group dariHalliday dan Matthiessen, serta metode distribusi dan teknik permutasi olehSudaryanto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil perusahaan sebagai sebuahgenre memiliki fitur dan struktur linguistik, serta fungsi sosial tertentu. Sebuah profilperusahaan memiliki fitur linguistik yang didominasi oleh partisipan spesifik,Classifier dan specific Deictic dalam nominal group, proses Material, dan SimplePresent tense. Struktur linguistik profil perusahaan terdiri dari dua bagian yaituidentifikasi dan deskripsi. Fungsi sosial profil perusahaan adalah untukmendeskripsikan suatu perusahaan dari hal yang umum ke hal yang khusus.

Copyrights © 2012