PT.XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri pembuatan sabun cuci batangan. Upaya peningkatan kwalitas sabun untuk memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dilakukan di laboratorium dengan menerapkan model eksperimental faktorial dan Respon Surface Method (RSM). Formulasi tersebut digunakan sebagai landasan untuk membentuk harga pokok produksi. Perhitungan harga pokok produksi sabun cuci batangan dilakukan dengan metode Activity Based Costing (ABC). Perbandingan harga pokok produksi dari hasil uji laboratorium dan pabrikasi di PT.XYZ adalah Rp1058,- dan Rp1039,- per batang. Seharusnya dengan konsep pabrikasi, harga produk ini akan jauh lebih murah dibandingkan dengan laboratorium. Dengan demikian ada peluang pasar untuk memperbaikinya apabila marketing mix dilakukan. Periode pengamatan dilakukan dua kali. Sabun cream dan cair digunakan sebagai pembanding untuk mengamati sebuah perilaku diagonal konsumen. Perubahan animo konsumen terhadap pemilihan sabun cuci diuji dalam Matrix probability transition dengan melakukan sampling pendapat di Komplek Perumahan AAA, dimana terjadi transisi kejenuhan sekitar 5 bulan. Dari tingkatan matriks yang dilakukan, diperoleh persentasi pelanggang sabun cream (40%; 24%; 36%), sabun batangan (29,17%; 54,17%; 16,66%) dan sabun cair (52,39%; 4,76%; 42,85%). Kondisi Transisi probability akan mencapai steady state pada periode ke-14 dengan perolehan pasar untuk sabun cream 41,42%, sabun batangan 25,16% dan sabun cair 33,42%.
Copyrights © 2013