Jurnal Teknik Industri USU
Vol 3, No 1 (2013): Jurnal Teknik Industri USU

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA PENDIDIKAN DENGAN MENGGUNAKAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI JURUSAN AKUNTANSI XYZ

Apriani Bangun (Universitas Sumatera Utara (USU))
Rosnani Ginting (Universitas Sumatera Utara (USU))
Ukurta Tarigan (Universitas Sumatera Utara (USU))



Article Info

Publish Date
29 Sep 2013

Abstract

Jurusan Akuntansi XYZ adalah perusahaan penyedia pelayanan jasa pendidikan. Keluhan mahasiswa terhadap jasa pelayanan pendidikan Jurusan Akuntansi XYZ menunjukkan adanya ketidakpuasan mahasiswa. Akibatnya terjadi perbedaan persepsi antara pihak manajemen dan pihak mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kebutuhan dan keinginan mahasiswa untuk memperbaiki kualitas pelayanan jasa pendidikan. Untuk menentukan atribut kebutuhan/pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mahasiswa serta untuk mengetahui kesenjangan antara pelayanan yang telah diberikan dengan harapan dari mahasiswa maka digunakan metode Servqual. Sedangkan untuk menerjemahkan keinginan dan kebutuhan menjadi apa yang harus dihasilkan oleh Jurusan Akuntansi XYZ maka digunakan metode Quality Function Deployment (QFD).  Hasil QFD menunjukkan bahwa mahasiswa menginginkan 20 atribut pelayanan dan 80% dari atribut tersebut dinilai sangat penting. Prioritas perbaikan Jurusan Akuntansi XYZ adalah karakteristik tingkat kompetensi dosen, maka pihak Jurusan Akuntansi XYZ harus meningkatkan kualitas pendidikan dan tingkat kompetensi dosen Jurusan Akuntansi XYZ sesuai dengan standar pendidikan perguruan tinggi yaitu Strata dua (S2)

Copyrights © 2013