e-Dinamis
Vol 6, No 2 (2013): e-dinamis

KARAKTERISASI KOMPOSIT MATRIKS LOGAM Al-SiC PADA PRODUK KANVAS REM KERETA API

Albin Moniago Simanjuntak (Unknown)
Syahrul Abda (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2014

Abstract

AbstrakSalah satu komponen yang termasuk penting pada kereta api sebagai kendaraan rel adalahrem. Rem berfungsi sebagai alat untuk mengatur laju kendaraan, khususnya mengurangi danmenghentikan kendaraan. Komposit Matriks Logam Al-SiC (KML Al-SiC) menggunakanaluminium sebagai matriks dan partikel SiC sebagai penguat. Alumunium dipanaskan sampaike titik leleh, lalu dicampur dengan serbuk SiC, selanjutnya dituang ke dalam cetakan. Materialkomposit matrik aluminium dengan penguat keramik SiC yang juga disebut komposit isotropikAl-SiC merupakan kombinasi yang sangat sesuai dalam peningkatan performansi mekanik danketahanan dalam kerusakan korosif. Adapun pemilihan logam Al sebagai matrik dikarenakanlogam ini memiliki berat jenis yang ringan sehingga dapat digunakan sebagai substitusikomponen pembuatan kampas rem kereta api. Penelitian ini hanya di batasi dengan jumlahpencampuran Al 82 % dengan SiC 18 %, yang bertujuan untuk mencari dan memperolehalternatif bahan kanvas rem kereta api yang lebih baik dari bahan besi cor yang digunakan saatini. Pengujian yang di lakukan adalah uji kekerasan, keausan, dan uji tarik. Hasil pengujianmenunjukkan bahwa kondisi optimum yang diperoleh pada komposisi 18% SiC dan suhusintering 600 oC dengan karakteristik sebagai berikut: kekerasan 88,96 HRB, keausan 2,575 x10-5 gram/mm2.s, kuat tarik 19,77 Kgf/mm2. Dari segi kualitas, dengan MMC Al-SiC 18%dimungkinkan dapat menjadi bahan alternatif sebagai pengganti Besi Cor pada bahan kanvasrem kereta api.Kata kunci: Komposit matriks logam, Al-SiC, Kanvas rem kereta api

Copyrights © 2013