e-Dinamis
Vol 10, No 2 (2014): jurnal e-dinamis (2014)

ANALISA PERFORMANSI PADA MOBIL TOYOTA FORTUNER MESIN DIESEL TIPE 2KD-FTV VN TURBO INTERCOOLER

Andi Setiawan Ginting (Unknown)
Mulfi Hazwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2015

Abstract

ABSTARAK Direct  Four  Stroke  Turbo  Commonrail  Injection yang  dikenal  dengan   D4D  merupakan kemajuan  teknologi  pada  industri  otomotif  khususnya dalam  hal  penyempurnaan  performansi mesin. D4D adalah teknologi pengaturan laju tekananbahan bakar dari sisi kuantitas dan waktu penyemprotan  bahan  bakar secara elektronik.Kelebihan  yang  dimiliki oleh mesin D4D adalah dengan  penggunaan  sistem commonrail dimana bahan  bakar  solar  akan  dihisap  oleh  pompa bahan bakar melalui saringan bahan bakar agar dapatmenghasilkan kualitas bahan bakar solar dengan tingkat emisi gas buang yang sangat rendah.  Disamping itu dengan adanya teknologi ini akselerasi dan performa yang dihasilkan sangat  optimal beserta tingkat getaran dan suara mesin  yang  lebih  halus.  Tujuannya  untuk  mengetahui  performansi  dan  kinerja  mesin  diesel yang berteknologi commonrail VN Turbo Intercooler pada seri Toyota Fortuner tipe 2KD FTVVn Turbo Intercooler. Metodologi yang digunakan adalah ruang bakar atau mesin pada Toyota Fortuner  tipe  2KD-FTV  VN  Turbo  Intercooler.  Motor  Diesel  memiliki  efisiensi  termal  dan performansi yang lebih baik serta dapat menghasilkan energi yang relatif besar. Efisiensi termal yang  merupakan  indikasi  sesungguhnya  dari  konversi  input  termodinamika  menjadi  kerja mekanis  mencapai  84,4  %.  Hal  ini  membuktikan  bahwa  mobil  ini  telah  mempunyai  efisiensi yang sudah bagus. Disamping itu untuk putaran 2800  rpm didapat daya sebesar 100,5218 kW. Hasil analisa secara keseluruhan membuktikan bahwa mobil ini memiliki performa yang baik. Kata kunci: teknologi, kuantitas, akselerasi, emisi, optimal.

Copyrights © 2014