TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
TRANSIENT, VOL. 6, NO. 3, SEPTEMBER 2017

PEMASARAN PRODUK KERAJINAN BERBASIS CLOUD MARKETPLACE

Sriatun, Sriatun (Unknown)
Arfan, Muhammad (Unknown)
Sumardi, Sumardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2017

Abstract

Pengrajin keset dari kain perca di Ceper Klaten Jawa Tengah saat ini sudah mampu memproduksi keset beraneka macam karakter seperti angry bird, keropy, doraemon dan sebagainya, namun pemasarannya masih sangat terbatas sehingga masyarakat luas belum mengenal produk keset dari daerah ini. Selain itu rendahnya kemampuan SDM pengrajin dalam bidang teknologi informasi/internet menyebabkan kendala dalam berinteraksi dengan pihak lain baik konsumen maupun pensuplai bahan baku. Melalui Program IbM/PKM ini diupayakan untuk menerapkan teknologi informasi/internet guna meningkatkan pemasaran produk kerajianan keset dari kain perca melalui cloud marketplace. Penggunaan smartphone terus meningkat dan semakin murah serta dukungan pemerintah pada industri kreatif dengan teknologi digital menjadikan peluang untuk melaksanakan pemasaran secara online semakin mudah.  Pemasaran melalui cloud marketplace tidak membutuhkan modal yang besar, akses mudah dengan pelayanan penuh (24 jam) pada pelanggan, biaya operasional rendah.  Melalui metode pemasaran ini kreatifitas dalam mempromosikan dan mengembangkan produk kerajinan lebih terbuka sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

transient

Publisher

Subject

Electrical & Electronics Engineering

Description

TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro (e-ISSN:2685-0206) diterbitkan oleh Departemen Teknik Elektro Universitas Diponegoro. Pertama kali terbit pada tahun 2012. TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro menerima artikel ilmiah dari pakar dan peneliti baik dari industri maupun akademisiTRANSIENT: ...