JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
Vol 2, No 9 (2013): Vol 2 No 9 September 2013

STRATEGI PEMASARAN BENANG KARET (RUBBER THREAD) PT. INDUSTRI KARET NUSANTARA (Jl. Medan-Tanjung Morawa Km. 9,5 Medan)

Dicky Tri I.P, Iskandarini, Salmiah (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian USU)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2014

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal yang mempengaruhi pemasaran  benang karet di PT. Industri Karet Nusantara, untuk menganalisis faktor eksternal yang mempengaruhi pemasaran benang karet di   PT. Industri Karet Nusantara dan menentukan strategi pemasaran benang karet di PT. Industri Karet Nusantara. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor internal yang mempengaruhi pemasaran benang karet PT. Industri Karet Nusantara ialah produk yang berkualitas, produk sudah dikenal pasar, sumber daya manusia yang handal, teknologi mesin yang ketinggalan, penjualan produk melalui perantara dan kegiatan penjualan yang belum maksimal. Serta faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pemasaran benang karet PT. Industri Karet Nusantara ialah kebutuhan hasil jadi karet yang meningkat, perkembangan trend pakaian dunia yang pesat, pangsa pasar yang luas, kompetitor yang semakin banyak, ketidakstabilan harga bahan dasar karet dan harga produk yang bersaing. Serta strategi pemasaran yang cocok untuk meningkatkan penjualan benang karet hasil produksi PT. Industri Karet Nusantara adalah strategi WO (Weaknesses-Opportunities). Kata kunci : Benang Karet, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT.  

Copyrights © 2013