JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
Vol 3, No 5 (2014): Vol 3 No. 5 Mei 2014

STRATEGI PEMASARAN AGROINDUSTRI PANCAKE DURIAN DI KOTA MEDAN

Machfira Ernisolia Putri (Alumni Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera)
Lily Fauzia, Iskandarini (Staf Pengajar Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2014

Abstract

ABSTRAK MACHFIRA ERNISOLIA P (100304107/AGRIBISNIS) dengan judul skripsi STRATEGI PEMASARAN AGROINDUSTRI PANCAKE DURIAN DI KOTA MEDAN. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret tahun 2014 dengan bimbingan oleh Ir. Iskandarini, MM, Ph.D dan Ir.Lily Fauzia, M.Si. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman agroindustri pancake durian di Kota Medan serta untuk mengetahui strategi pemasaran agroindustri pancake durian di Kota Medan. Penentuan daerah dilakukan secara purposive yaitu berdasarkan kriteria atau tujuan tertentu dengan mempertimbangkan bahwa agroindustri pancake durian di daerah tersebut dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian. Metode pengambilan sampel adalah metode snowball sampling. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode SWOT. Strategi yang diperoleh untuk meningkatkan pemasaran agroindustri pancake durian di daerah penelitian adalah strategi agresif atau strategi SO (Strengths – Oppurtunities) yaitu menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan kegiatan, yaitu meningkatkan modal usaha untuk menghasilkan produk sesuai dengan tingkat selera dan pangsa pasar, memanfaatkan peluang pasar dengan harga jual produk dan memanfaatkan peluang pada tingkat selera masyarakat dengan meningkatkan jumlah produksi. Kata Kunci : Pancake Durian, Agroindustri, Strategi Pemasaran.

Copyrights © 2014