JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
Vol 3, No 8 (2014): Vol 3 No. 8 Agustus 2014

ANALISIS PEMASARAN ASAM GLUGUR (Studi Kasus : Kelurahan Delitua Timur Kecamatan Delitua Kabupaten Deli Serdang)

Mhd Ridwansyah Lubis (Unknown)
Kelin Tarigan (Unknown)
Sri Fajar Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2015

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui saluran pemasaran asam glugur di daerah penelitian, untuk mengetahui fungsi-fungsi pemasaran asam glugur di daerah penelitian, untuk mengetahui besar biaya pemasaran,sebaran harga (price spread), qmargin pemasaran dan share margin, dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pemasaran asam glugur di daerah penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah secara purposive yaitu secara sengaja,dimana penentuan daerah dan sampel dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu dengan jumlah sampel sebanyak 12 dengan kriteria 4 pengolah, 2 sampel pedagang besar, 2 pedagang pengecer, dan 4 pedagang pengumpul. Metode penentuan sampel adalah metode snowball sampling. Metode analisis yang digunakan adalah metode perhitungan.Data yang  digunakan adalah data sekunder yaitu diperoleh dari instansi terkait dan data primer yaitu diperoleh secara langsung oleh sampel dengan menggunakan kuisioner.Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2014. Hasil penelitian dapat diperoleh sebagai berikut : 1) Saluran pemasaran di Kelurahan Delitua Timur terdiri 3 saluran yaitu Saluran I: pengolah-pedagang pengumpul-pedagang besar-konsumen, Saluran II: pengolah-pedagang besar-konsumen, Saluran III: pengolah-pedagang pengumpul-pedagang pengecer-konsumen 2) Terdapat 9 fungsi pemasaran 3) Share margin  pada saluran I sebesar 2,57%, pada saluran II share margin sebesar 2,03%, dan saluran III share margin sebesar 3,72% 4) Adanya kendala-kendala yang dihadapi dalam pemasaran. Kata Kunci : Pemasaran, Asam Glugur

Copyrights © 2014