JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
Vol 4, No 1 (2015): Volume 4 No. 1 Januari 2015

ANALISIS SEGMENTASI PASAR DONAT KENTANG (Studi Kasus: Kecamatan Medan Baru)

Zuliya Hermis (Unknown)
Satia Negara Lubis, Iskandarini (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2015

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembuatan donat kentang, dan menganalisis segmentasi pasar donat kentang.Metode analisis yang digunakan metode analisis deskriptif.Tehnik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer.Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pencatatan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bahan bakupembuatan donat kentang yaitu, tepung terigu, susu bubuk full cream, ragi instan, kentang segar, gula halus, mentega, garam, telur dan air dingin. Setelah diolah donat kentang digoreng hingga berwarna keemasan, setelah itu donat kentang diberi toping.. (2) Segmentasi pasar donat kentang : (a) Berdasarkan segmentasi demografi : konsumen donat kentang lebih banyak berjenis kelamin perempuan, berumur diantara 21-25 tahun, memiliki tingkat pendidikan S1, berstatus sebagai mahasiswa dan memiliki pendapatan antara Rp 500.000-Rp 1.500.000/bulan. (b) Berdasarkan segmentasi psikografi : Donat kentang dapat dinikmati oleh semua kalangan, konsumen lebih menyukai rasa coklat, dan variasi rasa donat kentang menentukan pilihan dalam membeli donat kentang. (c) Berdasarkan segmentasi perilaku : konsumen membeli donat kentang 1-2 kali/bulan, pengeluaran untuk membeli donat kentang Rp 25.000/bulan, harga donat kentang yang membuat konsumen tertarik adalah Rp 2000/donat kentang. Kata Kunci : Donat Kentang, Segmentasi Pasar, Harga.

Copyrights © 2015