Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen Ice Cream dalam Wadah Batok Kelapa Muda di Kota Medan dan untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap Ice Cream dalam Wadah Batok Kelapa Muda di Kota Medan. Penentuan daerah penelitian secara purposive. Metode penentuan sampel dengan metode Accidental Sampling dengan sampel konsumen sebanyak 60 konsumen. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif dan dianalisis dengan metode korelasi Rank Spearman dan metode koefisien konkordansi Kendall’s. Hasil dari penelitian ini diketahui Karakteristik konsumen Ice Cream dalam Wadah Batok Kelapa Muda di Kota Medan umumnya adalah perempuan, berusia antara 19 – 24 tahun, pekerjaannya sebagai mahasiswa, pendapatan antara >Rp. 500.000 – Rp. 1.000.000, status dalam keluarganya adalah anak, dan bersuku Jawa. Motivasi pembelian dengan Ice Cream dalam Wadah Batok Kelapa Muda adalah mencoba hal yang baru. Hubungan antara umur dan pendapatan  terhadap frekuensi pembelian dan jumlah pembelian Ice Cream dalam Wadah Batok Kelapa Muda dilihat: ada hubungan umur konsumen terhadap frekuensi pembelian dan jumlah pembelian Ice Cream dalam Wadah Batok Kelapa Muda, tidak ada hubungan pendapatan konsumen terhadap frekuensi pembelian Ice Cream dalam Wadah Batok Kelapa Muda dan ada hubungan pendapatan konsumen terhadap jumlah pembelian Ice Cream dalam Wadah Batok Kelapa Muda. Preferensi Konsumen umumnya adalah suka dengan Ice Cream dalam Wadah Batok Kelapa Muda. Ada kesesuaian preferensi konsumen terhadap atribut Ice Cream dalam Wadah Batok Kelapa Muda. Adapun urutan tingkat preferensi konsumen terhadap atribut Ice Cream dalam Wadah Batok Kelapa Muda dari yang tertinggi ke terendah yaitu atribut penyajian, atribut variasi rasa, atribut ukuran, atribut harga, atribut jenis topping, dan atribut merek.   Kata Kunci: Preferensi, Ice Cream dalam Wadah Batok Kelapa Muda, Konsumen
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015