ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi faktor internal dan  faktor eksternal serta menentukan strategi yang tepat dalam pengembangan industri dodol durian di daerah penelitian. Metode penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive atau secara sengaja. Metode pengambilan sampel adalah metode Stratified Random Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode SWOT. Hasil penelitian diperoleh bahwa faktor internal terdiri dari ketersediaan bahan baku, rasa khas, kandungan gizi Dan tanpa bahan pengawet, tempat penjualan yang strategis, tenagakerja lokal yang terampil, komunikasi yang baik antara pengusaha dan pekerja, teknologi yang digunakan semi modern, produksi belum optimal,dan kurangnya promosi. Faktor eksternal dalam pengembangan industri dodol durian di daerah penelitian adalah kemajuan tekhnologi industri makanan yang berkembang, pasar bengkel memiliki daerah yang strategis untuk melakukan usaha industri dodol, dodol merupakan salah satu makanan khas dari daerah tersebut, dodol memiliki beraneka macam jenis rasa, adanya produk lain yang menjadi icon oleh–oleh khas sumatera utara, kemampuan terbatas dalam mengadopsi tekhnologi, tidak adanya bantuan pemerintah seperti mpelatihandan lain–lain, harga bahan baku yang berubah–ubah, sedikitnya jumlah Sumber Daya Manusia yang terampil didaerah penelitian.Strategi yang diperoleh dalam pengembangan industri dodol durian di daerah penelitian adalah dengan memanfaatkan bahan baku dan teknologi yang berkembang, meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan lokasi yang strategis, membentuk lembaga pembinaan khusus industri makanan, membentuk lembaga keuangan didaerah penelitian, mengembangkan pemasaran dodol durian dan menjadikannya icon khas Sumatera Utara, mulai mengadopsi tekhnoloi baru, mulai membentuk perkumpulan pengusaha industri dodol di daerah penelitian. Kata Kunci :IndustriDodol Durian, Strategi Pengembangan, Metode SWOT.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016