JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
Vol 5, No 5 (2016): volume 5 no. 5 Mei 2016

ANALISIS COST PRICE DAN PEMASARAN KARET RAKYAT DI DESA PARANGGUAM KECAMATAN SALAPIAN KABUPATEN LANGKAT

Fitrah Aulia Hasibuan (Unknown)
Salmiah Salmiah (Unknown)
Luhut Sihombing (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2018

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui harga pokok (Cost Price) getah karet rakyat, kontribusi masing-masing komponen biaya produksi karet rakyat terhadap harga pokok karet rakyat, efisiensi biaya produksi karet rakyat, jumlah produksi dan harga produksi minimum pada usahatani karet rakyat, dan untuk mengetahui saluran pemasaran, Nisbah Margin, Price Spread dan efisiensi pemasaran karet rakyat. Metode penarikan sampel untuk petani yang digunakan adalah metode slovin dengan batas toleransi kesalahan sebesar 10%. Sedangkan penarikan sampel untuk pedagang pengumpul tingkat desa dan kecamatan digunakan metode sensus. Metode pengumpulan data terdiri dari data primer dan data sekunder; metode analisis yang digunakan adalah metode analisis harga pokok, analisis efisiensi biaya produksi, analisis BEP atas dasar jumlah produksi dan dasar harga, serta dengan metode analisis tabulasi sederhana dengan menghitung Nisbah Margin, saluran pemasaran, Price Spread dan efisisiensi pemasaran. Dari hasil penelitian, harga pokok (Cost Price) per petani adalah 3.316 (Rp/Kg). Masing-masing biaya produksi karet rakyat memiliki kontribusi besar dalam pembentukan harga pokok getah karet rakyat di Desa Parangguam. Biaya produksi karet rakyat di daerah penelitian sudah efisien. Jumlah produksi usahatani karet rakyat di Desa Parangguam pada kondisi impas yaitu 65/Kg. Sedangkan besarnya harga karet rakyat di Desa Parangguam pada kondisi impas yaitu Rp 3.316/Kg. Saluran pemasaran karet rakyat di Desa Parangguam yakni Petani–Pedagang Pengumpul Tingkat Desa–Pedagang Pengumpul Tingkat Kecamatan–Pabrik. Ada perbedaan nilai Nisbah Margin, Price Spread dan Share Margin profit petani dan pedagang pengumpul desa dan kecamatan di daerah penelitian. Pemasaran karet rakyat di daerah penelitian tidak efisien.   Kata Kunci: Karet Rakyat, Cost Price, Break Even Point, Efisiensi, Share Margin, Price Spread

Copyrights © 2016